Tuesday, April 19, 2011

Cara membuat daftar isi








Awalnya sih bingung banget maklum saya juga masih newbie, tapi setelah bertanya pada oom google, dan mulai membuka berbagai blog yang membahas mengenai cara membuat daftar isi untuk blogger akhirnya saya berhasil juga…(lebay dikit nggak apa-apa ya…hehe)

Untuk itu saya sekedar ingin mencoba untuk berbagi mengenai bagaimana cara membuat daftar isi yang telah saya pelajari, daftar isi yang saya maksud bisa dilihat disini


Oh iya daftar isi ini akan menampilkan seluruh judul postingan dan kemudian akan dikelompokkan sesuai dengan label masing-masing judul. Karena itu jika postingan dibuat tanpa menggunakan label, besar kemungkinan judul postingan tidak akan muncul didalam daftar ini, so jangan lupa untuk memberikan label untuk setiap postingan
Daftar isi ini dapat ditampilkan pada satu halaman penuh (page) dan dapat pula ditampilkan sebagai gadget
Oke tanpa panjang lebar lagi, kita mulai aja ya…

####Cara pertama adalah jika ingin menampilkan daftar isi ini sebagai gadget, agar setiap pengunjung dapat melihat daftar isi setiap kali mengunjungi blog kita.

1. Masuk ke account blogger
2. Pilih tata letak/layout
3. Pilih tambah gadget
4. Pilih HTML/javascript.
5. Beri Judul Dafar isi
6. Copy paste kode di bawah ini

<div style="overflow:auto;width:430px;height:120px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script style="text/javascript" src="http://sites.google.com/site/barajajs/listofcontent/contents.js"></script><script src="http://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
</div>

Keterangan :
namablog.blogspot.com : ganti dengan alamat blog kita.
width:430px : Ganti Lebar sesuai dengan yang diinginkan, sesuaikan dengan template
height:120px : Ganti tinggi nya sesuai dengan keinginan.

6. Kemudian simpan dan letakkan sesuai dengan keinginan.

####Cara kedua.
1. Masuk ke account blogger
2. Pilih posting >> edit pages >> new pages3. Beri judul Daftar Isi
4. Klik Edit HTML >> copy paste kode di bawah ini

<div style="overflow:auto;width:430px;height:120px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script style="text/javascript" src="http://sites.google.com/site/barajajs/listofcontent/contents.js"></script><script src="http://namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
</div>

Keterangan :
namablog.blogspot.com : ganti dengan alamat blog kita.
width:430px : Ganti Lebar sesuai dengan yang diinginkan, sesuaikan dengan template
height:120px : Ganti tinggi nya sesuai dengan keinginan.

5. Klik Publish pages >> pilih No gadged
6. Klik Save and Publish.
7. Beralih ke Tab Design (page elements)
8. Pilih tambah gadget
9. Pilih page
10. Letakkan gadget ini sesuai keinginan anda
11. klik save
11. Simpan semua perubahan dan lihat hasilnya.

Source klik disini

2 comments:

Amalia Yusna Taufiq said...

terima kasih tipsnya, sdh sy coba. mo nanya, gmn caranya bikin mouse yg berputar spt punya mbak. tks

Akane said...

@Amalia Yusna Taufiq
untuk menjawab pertanyaan mbak. Mbak bisa baca artikel saya di http://akanefiles.blogspot.com/2011/04/cara-memasang-cursor-text-yang-berputar.html
Terima kasih

Post a Comment

Thank you very much for coming and come back soon...
Have fun and have a nice day...