Saturday, August 13, 2011

Laporan Plant Visit

LAPORAN PLANT VISIT
“Jakarta International Container Terminal”
07 april 2011





Disusun Oleh:
Evi Aprilia (2008.5.17808)
Dian Asniati (2008.5.179391)
Perdagangan Internasional VI-B
Akademi Pimpinan Perusahaan 
2011 






Resume Materi  

Jakarta International Container Terminal
(JICT)
JICT yang merupakan pelabuhan terbesar di indonesia mulai beroperasi pada 1 April 1999 dibawah PT. Pelabuhan Indonesia II (persero) dimana sahamnya dimiliki oleh Hutchison Port Holdings (51%) dan PT Pelabuhan Indonesia II (49%) .
PY. PELINDO II mengelola 12 pelabuhan besar di Indonesia, yaitu pelabuhan Tanjung Priok, Panjang, Palembang, Teluk Bayur, Pontianak, Cirebon, Banten, Jambi, Sunda Kelapa, Bengkulu, Pangkal Balam and Tanjung Pandan.
PT Pelindo II juga memiliki cabang dan afiliasi dengan PT. JICT, TPK Koja, PT. EDI, PT Rumah Sakit Pelabuhan, PT. MTI Indonesia, TPT (Tanjung Priok Car Terminal).
Hutchison Port Holdings (HPH), adalah investor, developer, dan operator pelabuhan besar dunia dengan saham di 25 negara meliputi Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, Amerika dan Australia.
Visi dari JICT saat ini ialah menjadi pelabuhan utama/ HUB port sehingga tak lagi hanya menjadi Feeder Port antara Amerika, Eropa dan Australia.


Daftar Pertanyaan dan Jawaban  


JICT memiliki tanggung jawab seberapa besar untuk urusan ekspor impor?
JICT hanya memiliki tanggung jawab terbatas di dalam melakukan bongkar muat container ke atas kapal maupun dari atas kapal dan kemudian melakukan penimbunan container di terminal jitc hingga pemilik dari container itu menyelesaikan urusan mengenai surat-surat ekspor atau impor dibea cukai serta membayar biaya bongkar muat yang telah dilakukan oleh JICT.
Setelah semua surat-surat lengkap dan disetujui oleh bea cukai serta biaya telah dibayarkan maka pemilik container akan menerima kartu tanda masuk, yang akan diserahkan kepada supir container yang kemudian akan mengambil container tersebut sesuai dengan tempat yang telah ditentukan oleh JICT. Setelah container itu keluar dari JICT maka tugas dan tanggung jawab dari JICT pun berakhir

Apakah JICT masuk kedaerah pabean?
Seluruh daerah tanjung priuk merupakan daerah pabean tapi meski begitu di Indonesia terdapat beberapa pintu keluar sehingga jika kapal akan pindah dari satu tempat ke tempat lainnya meskipun berjarak hanya beberapa meter, kapal tersebut harus mengurus kembali izin-izin ke bea cukai, tidak seperti di luar negeri yang hanya memiliki satu pintu keluar.
Contoh : suatu kapal bersandar di pelindo II dan kemudian akan berpindah ke JICT maka kapal tersebut harus mengurus kembali izin-izinnya kepada bea cukai meski tetap pada daerah pabean yang sama.

Berapa lamakah batas waktu penimbunan pada JICT?
Penimbunan untuk ekspor paling lama selama 4 hari, terhitung saat container mulai memasuki terminal JICT hingga di muat diatas kapal
Sedangkan untuk impor, waktu yang di berikan oleh JICT adalah selama 10 hari terhitung sejak container tersebut memasuki terminal JICT, dan jika penimbunan telah melebihi waktu tersebut maka container akan dietakkan di derah khusus dan setelah itu merupakan urusan dari bea cukai apakah container tersebut akan di re-ekspor atau dilelang karena JICT hanya memperhatikan kecepatan proses bongkar muat sehingga dapat tercapai suatu efektifitas.

Apakah JICT ikut berperan dalam penerbitan B/L serta penentuan penggunaan FOB dalam ekspor??
JICT tidak ikut berperan apapun yang berurusan dengan penerbitan B/L, karena itu merupakan tanggung jawab dari perusahaan pelayaran, kemudian masalah FOB itu merupakan suatu kesepakatan antara eksportir dan importir sehingga JICT tidak ikut berperan apapun mengenai hal tersebut.

Apabila terdapat kecurigaan mengenai adanya masalah ikan ilegall apakah JICT berhak untuk mere-ekspor produk ikan tersebut?
JICT hanya bertanggung jawab mengenai bongkar muat container dari atas kapal maupun dari atas kapal ke terminal JICT, yang memiliki wewenang untuk apakah akan melakukan re-ekspor atau lelang adalah pihak bea cukai dengan pihak-pihak yang memiliki urusan di bidang tersebut
Contoh jika berkenaan dengan ikan illegal maka bea cukai akan bekerja sama dengan badan karantina ikan yang kemudian akan menentukan apakah ikan tersebut akan di re-ekspor atau dilelang

Apakah kendala yang dihadapi oleh JICT sehingga bisa terjadi keterlambatan bongkar muat??
Kendala yang dihadapi JICT sehingga terjadi keterlambatan adalah kurangnya teknologi yang canggih, sumber daya manusia yang kurang terampil, serta system operasional yang kurang efektif.
Dulu saat proses bongkar muat masih secara manual proses tersebut memakan waktu hingga dua sampai tiga hari hal ini akan berkakibat kepada terlambatnya kapal di Negara tujuan berikutnya sehingga dilakukan perubahan, dari secara manual dilakukan secara komputerisasi sehingga lama waktu yang diperlukan untuk melakukan bongkar muat berkurang hingga menjadi 8 jam kerja saja.

Apakah pungli masih sering terjadi di kawasan terminal JICT??
Pungli merupakan oknum yang melakukan pungutan secara liar di titik-titik tertentu dalam saluran distribusi ekspor atau impor, dan untuk menghentikan ini maka JICT membuat suatu peraturan yang disahkan pada tanggal 8 bulan 8 pada tahun 2008, yang isinya adalah pihak yang memberikan uang atau biasanya adalah supir-supir truk yang membawa container akan diberi sangsi berupa tidak diizinkan untuk memasuki wilayah JICT. Sedangkan untuk pihak yang menerima akan diberi sangsi berupa akan diberhentikan dari jabatanya. Sangsi-sangsi ini memberikan dampak yang sangat baik sehingga terhitung sejak diberlakukannya peraturan tersebut maka laporan mengenai pungli sudah tidak ada lagi

Dimanakah pemeriksaan fisik di lapangan dilakukan??
Pemeriksaan fisik container akan dilakukan oleh bea cukai dengan menggunakan ex-ray yang berada di kawasan terminal JICT tapi apabila harus dilakukan pemeriksaan hingga container harus dibuka dan diperiksa lebih teliti, bongkar fisik tersebut akan dilakukann diarea khusus bea cukai sehingga bea cukai dapat melakukan pemeriksaan dengan lebih teliti tanpa harus mengganggu kegiatan operasional dari JICT.

0 comments:

Post a Comment

Thank you very much for coming and come back soon...
Have fun and have a nice day...