Saturday, November 19, 2011

Atasi Stress di Kantor Dengan Tepat


Pagi berangkat ke kantor,  sore pulang ke rumah. Hal itu lah yang dilakukan selama hamper seminggu penuh. Apalagi jika setiap hari menghadapi rutinitas kantor yang melelahkan. Akhirnya rasa stress pun lama kelamaan akan muncul. Berikut ini adalah beberapa kiat agar stress dapat diatasi dengan tepat.

Pertama, jika mulai merasa stress sebaiknya anda lakukan sedikit peregangantubuh. Sesibuk apapun anda jangan biarkan tubuh kelelahan akibat terlalu banyak duduk dan berpikir. Saat merasa lelah, lakukan peregangan tubuh dengan melakukan stretching ringan ditempat.
Caranya : rengangkan kedua tangan atau gerakkan kepala anda kekiri dan kekanan. Lalu kira-kira setiap dua jam sekali, keluarlah sejenak dari ruangan untuk menghirup udara yang segar.

Kedua, manfaatkan waktu istirahat makan siang. Setelah setengah hair bekerja, tentu anda merasa suntuk dan lapar. Tanpa disadari, rasa lapar dapat memicutingkat stress seseorang. Pulihkan kondisi anda pada jam istirahat, sambil menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan atau sahabat anda dikantor.
Bicarakanlah hal-hal yang ringan dan dengarkanlah cerita-cerita humor dari mereka. Bersantailah sejenak sepertinya ini terbukti ampuh untuk mengembangkan kesegaran pikiran anda. Jangan lupa, sebaiknya anda tidak membahas masalah pekerjaan ketika makan siang, agar stress anda tidak muncul kembali

Ketiga, manfaatkan waktu libur untuk melenyapkan segala beban pekerjaan dikantor. Berolahraga, memasak, berkebun, ataupun tidur merupakan beberapa cara untuk mengisi waktu libur anda.
Jangan gunakan waktu libur anda untuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Nilmatilah waktu libur anda sebelum menyambut kembali hari-hari sibuk dikantor

Keempat, bagi banyak orang, music terbukti ampuh untuk mengusir stress. Jika anda termasuk salah satu penikmat music, dengarkanlah music dari computer anda. Pilihlah lagu yang sesuai dengan selera anda. Sambil bekerja, anda pun dapat sambil bersenandung, selama suara anda tidak menganggu rekan kerja yang lain.

Kelima, usahakan untuk selalu berpikir positif. Terkadang rasa stress itu dapat berasal dari pikiran negative anda sendiri. Cobalah untuk berpikir segala sesuatu dengan positif agar anda terhindar dari stress. Lagipula, jika anda bisa menghindari stress, hidup anda akan terasa lebih indah dan damai bukan??

Sumber : Koran Kompas  

0 comments:

Post a Comment

Thank you very much for coming and come back soon...
Have fun and have a nice day...