Saturday, October 15, 2011

Karpet Bersih dan Kehangatan Terjaga


Sungguh membahagiakan apabila waktu istirahat andadi rumah disempurnakan dengan kebersamaan berkumpul dengan keluarga. Duduk dikarpet dan berbagi cerita bisa menjadi salah satu pilihan. Namun, nyamankah anda saat permadani tempat bercengkrama sudah kotor dan using??

Karpet bukanlah sekedar hiasan, karena biasanya ruangan yang berkarpet akan terlihat penuh kehangatan. Oleh sebab itu, jangan abaikan property rumah yang satu ini.

Pertama, bersihkan karpet anda dengan penyedot debu (vacuum cleaner) minimal dua kali seminggu. Debu yang menumpuk pada karpet anda dapat menggangu kesehatan anda dan keluarga. Namun perlu diingat juga bahwa menggunakan vacuum cleaner tidak selalu menyelesaikan masalah. Sebab, debu sering turun ke karpet saat anda membersihkan dengan vacuum cleaner.

Kedua, kenali bahan karpet anda dan perawatan yang sesuai, seperti wol, sutra, dan serat buatan atau serat alam. Sebagai contoh, untuk bahan wol atau sutra, anda tidak dapat memakai sembarangan detergen atau pemutih. Hindari juga menggunakan mesin pengering agar karpet senantiasa awet. Cari informasisebanyak-banyaknya agar tindakkan yang anda lakukan tepat.

Ketiga, perhatikan posisi karpet. Ubah posisi karpet dua atau tiga bulan sekali. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengganti bagian karpet yang sering terinjak atau dilewati orang. Perhatikan juga letak jendela dan pencahayaan matahari yang masuk keruang berkarpet anda. Cahaya matahari langsung dapat memudarkan warna karpet kesayangan dengan cepat. Namun sirkulasi udara yang kurang juga akam membuat udara lembab dan karpet pun mudah berbau tidak sedap. Solusinya, tutup jendela dengan kerai tapi pastikan sirkulasi udara lancar dengan sedikit membuka jendela.

Keempat, anda perlu memahami kondisi lingkungan anda dengan baik. Didaerah kering, karpet biasanya cukup bersih, tetapi perlu berhati-hati dengan debu. Sedangkan didaerah lembab, debu mungkin tidak terlalu banyak , tetapi jamur sering membuat karpet menjadi berbau.

Kelima, jangan ragu untuk meminta bantuan laundry saat anda tidak ingin repot. Saat ini, jasa pelayanan pencucian karpet mudah ditemukan dibanyak tempat, tetapi anda perlu selektif dalam memilih.

Nah, maksimalkan kebersamaan anda dengan keluarga dikarpet yang bersih.

Sumber : Koran Kompas 

0 comments:

Post a Comment

Thank you very much for coming and come back soon...
Have fun and have a nice day...